Fakta Gizi Dan Kandungan Nutrisi Kedelai Untuk Diet !

Fakta Gizi Dan Kandungan Nutrisi Kedelai Untuk Diet !

Dengan semakin banyak orang beralih ke vegetarianisme, veganisme, dan pola makan nabati, dan minat baru pada makanan berprotein tinggi, potongan kedelai populer di kalangan vegetarian karena kandungan proteinnya yang tinggi. Selain vegetarian, potongan kedelai juga populer di kalangan non-vegetarian, karena kepadatan dan teksturnya yang seperti daging. Kandungan protein yang tinggi dalam potongan kedelai membuatnya sangat populer, terutama di kalangan yang sadar kebugaran.

Potongan kedelai sudah tersedia di semua toko. Potongan kedelai pertama kali menjadi populer di bagian timur India. Kemudian, bahkan non-vegetarian mulai membeli potongan kedelai dan mulai menggunakannya sebagai pengganti daging. Kecintaan pada potongan kedelai menyebar di bagian lain India secara bertahap.

Namun, ada pandangan yang bertentangan mengenai berapa banyak potongan kedelai yang baik untuk kesehatan. Pertama, beberapa tahun yang lalu, diet populer yang spesifik berfokus pada kekurangan kedelai, memberikan reputasi yang buruk. Seperti semua hal baik lainnya, seseorang juga harus mengonsumsi kedelai dalam jumlah sedang.

Apa itu Soya Chunk?

Fakta Gizi Dan Kandungan Nutrisi Kedelai


Bayangkan mendapatkan semua kebaikan daging tanpa kerugiannya. Potongan kedelai adalah Textured Vegetable Protein (TVP) atau Textured Soy Protein (TSP). Ekstraksi kacang menghasilkan minyak kedelai. Residu atau produk samping yang tertinggal disebut tepung kedelai. Kebetulan, tepung ini menyebabkan pembentukan bongkahan kedelai. Karena semua minyak dihilangkan, tepung dihilangkan lemaknya. Jadi, potongan kedelai idealnya bebas lemak.

Keuntungan lain dari potongan kedelai adalah rasanya yang netral. Sebuah pulao klasik dengan potongan kedelai pasti sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang. Mereka berbaur dengan baik dengan semua masakan, membuatnya mudah untuk beradaptasi dengan gaya memasak. Meskipun potongan kedelai datang dalam bentuk dehidrasi, mereka menggandakan volumenya dengan cepat. Tekstur potongan kedelai menjadi lembut, berserat, dan kenyal setelah direndam dalam air. Protein dalam potongan kedelai setara dengan daging asli. Selain itu, mereka rendah lemak dan ramah kantong. Oleh karena itu, mereka mendapatkan nama mereka sebagai 'daging vegetarian'.

Sejarah di balik Potongan Kedelai

Asosiasi Produksi dan Penelitian Kedelai (SPRA) memulai debutnya potongan kedelai atau TVP pada musim gugur 1972. Pendirinya, Robert W. Nave, dibesarkan di India dan memiliki minat yang mendalam pada kesejahteraan masyarakat berpenghasilan rendah. Awalnya, SPRA menjual potongan kedelai dengan harga murah dan dalam kemasan yang terjangkau. Tetapi produk tidak menerima sambutan hangat.

SPRA mulai memasarkan bonggol kedelai sebagai produk premium dengan kemasan yang lebih baik. Mereka hanya dijual di toko-toko tertentu dan menargetkan kelompok berpenghasilan tinggi. Begitu komunitas Sikh menjadikan potongan kedelai sebagai bahan umum dalam pernikahan mereka, kesuksesan produk itu tak terelakkan.

Nilai Gizi & Fakta Potongan Kedelai

Nilai gizi dapat bervariasi tergantung pada merek, dan metode yang ditentukan untuk memasak. Misalnya, merek potongan kedelai terkenal di India memiliki profil nutrisi berikut.

100 g potongan kedelai memiliki:

Kalori: 345 kkal

Protein: 52 gram

Karbohidrat: 33 g

Serat: 13 g

Lemak: 0,50 g

Kalsium: 350 mg

Besi: 20 mg

Fakta Gizi:

Satu porsi (100 g) potongan kedelai memiliki jumlah kalori yang signifikan. Oleh karena itu, seseorang harus memilih ukuran porsi dengan bijak tergantung pada asupan kalori harian mereka.

Beberapa merek mengharuskan potongan kedelai digoreng dengan minyak terlebih dahulu. Proses ini dapat meningkatkan kalori secara drastis.

Protein dalam potongan kedelai sangat mengesankan. Sebagai perbandingan, 100 g ayam dan telur masing-masing hanya mengandung 27 g dan 13 g protein. Kandungan protein yang kaya membuat nilai yang direkomendasikan setiap hari untuk pria dan wanita.

Demikian pula, kandungan lemak dalam potongan kedelai tidak signifikan jika dibandingkan dengan daging dan telur.

Potongan kedelai memiliki cukup banyak kalsium di dalamnya. Jumlahnya mencapai 35 persen dari nilai harian yang direkomendasikan.

Lebih sedikit zat besi, vitamin A dan vitamin C juga merupakan bagian dari daftar nutrisi. Namun, kehadiran mereka sepele.

Manfaat Kesehatan Kedelai Bagi Tubuh

1. Bertindak sebagai pengganti daging

Vegetarian dan mereka yang menderita kekurangan protein dapat memasukkan potongan kedelai ke dalam makanan mereka. Mereka membantu memenuhi nilai protein yang direkomendasikan tanpa merusak tradisi seseorang.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Potongan kedelai kaya akan protein, asam lemak omega3, dan serat. Oleh karena itu, mereka bekerja untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kolesterol baik mencegah beberapa penyakit jantung, membuat potongan kedelai menjadi makanan yang ramah jantung.

4. Membantu penurunan berat badan

Kandungan serat dalam potongan kedelai mencegah rasa lapar. Selain itu, mereka dapat membuat Anda kenyang selama berjam-jam. Jadi, ketika diambil dalam proporsi yang benar, potongan kedelai dapat membantu dalam perjalanan penurunan berat badan Anda.

5. Membantu mengurangi gejala menopause

Banyak wanita yang mengalami fase menopause mengalami hot flash, keringat malam, sulit tidur, kekeringan pada vagina, dan perubahan suasana hati. Lusinan penelitian kecil telah melihat efek kedelai pada gejala-gejala ini, terutama hot flashes dan analisis 10 studi tahun 2015 menemukan bahwa isoflavon tanaman dari kedelai mengurangi hot flashes sebesar 11%.

6. Mengatur ketidakseimbangan hormon pada wanita

Karena fitoestrogen dalam potongan kedelai, wanita dengan aktivitas hormonal yang tidak teratur bisa makan potongan kedelai secara teratur. Secara khusus, wanita pascamenopause dan mereka yang menderita PCOS paling diuntungkan.

7. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Penelitian pada hewan dan manusia telah menunjukkan bahwa konsumsi makanan kedelai dapat meningkatkan kadar bifidobacteria dan lactobacilli dalam usus, sehingga meningkatkan kesehatan usus.

8. Mengandung sifat anti-inflamasi

Konsumsi makanan kedelai telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada berbagai aspek kesehatan manusia, termasuk pengurangan risiko penyakit terkait peradangan, seperti penyakit kardiovaskular, diabetes, dan kanker tertentu.

9. Mengatur kadar gula darah

Kedelai bisa sangat bermanfaat bagi penderita diabetes dan pasti harus ditambahkan ke dalam makanan mereka. Sebuah studi dari University of Massachusetts Amherst menemukan bahwa kedelai kaya akan senyawa bioaktif yang dikenal sebagai isoflavon. Senyawa ini bertanggung jawab untuk menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung. Lebih penting lagi, penelitian tersebut mencatat bahwa mengonsumsi makanan berbasis kedelai dapat menyebabkan penurunan kadar gula darah dan bahkan meningkatkan toleransi glukosa pada mereka yang telah didiagnosis menderita diabetes.

Efek Samping Potongan Kedelai

Kehadiran fitoestrogen dalam potongan kedelai adalah alasan untuk diperdebatkan. Meskipun properti ini sangat bermanfaat bagi wanita dengan ketidakseimbangan hormon, mungkin tidak perlu bagi orang lain. Mengkonsumsi potongan kedelai dalam jumlah tinggi juga dapat menyebabkan masalah hormonal pada pria. Mereka juga berpotensi meningkatkan asam urat dalam tubuh, yang menyebabkan beberapa masalah kesehatan. Namun, efek ini hanya berlaku ketika seseorang mengkonsumsi potongan kedelai dalam jumlah besar. Oleh karena itu, konsumsilah maksimal 25 hingga 30 g potongan kedelai per hari dan nikmati manfaatnya.

T. Apakah potongan kedelai buruk bagi kesehatan?

A. Potongan kedelai kaya akan protein dan serat. Namun, hindari mengonsumsi potongan kedelai dalam jumlah berlebihan. Kehadiran fitoestrogen bisa berbahaya dalam beberapa kasus. Ini dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti ketidakseimbangan hormon, ketidakseimbangan tiroid, dan kadar asam urat yang lebih tinggi dalam tubuh. Porsi potongan kedelai yang direkomendasikan adalah sekitar 30 gram per hari.

T. Bagaimana cara memasak potongan kedelai?

A. Rebus air dalam panci dan tambahkan potongan kedelai kering ke dalamnya. Masak selama sekitar 5 sampai 6 menit atau sampai potongan kedelai menjadi kenyal dan membesar. Selanjutnya, tuangkan air dingin di atas potongan kedelai yang sudah dimasak untuk membilasnya dengan baik. Terakhir, peras kelebihan air sebelum menambahkan saus dan nasi. Banyak merek datang dengan instruksi manual di bagian belakang penutup. Bacalah terlebih dahulu untuk pemahaman yang lebih baik.

T. Bisakah pria mengkonsumsi potongan kedelai?

A. Ya, potongan kedelai, jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, juga bermanfaat bagi pria. Fitoestrogen yang secara alami terdapat pada tumbuhan memiliki fungsi yang mirip dengan hormon estrogen manusia. Jadi, beberapa teori mengatakan bahwa mengonsumsinya dalam jumlah besar dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon pada pria. Sebagai tindakan pencegahan, jangan melebihi porsi yang direkomendasikan per hari.

T. Bagaimana cara makan potongan kedelai?

A. Untuk resep mudah, Anda bisa menambahkan potongan kedelai ke dalam salad, pulao, dan nasi goreng. Ganti daging dengan potongan kedelai di hidangan apa pun untuk pilihan vegetarian. Kari sederhana yang dibuat dengan potongan kedelai juga rasanya luar biasa. Karena mereka tidak memiliki rasa tertentu, Anda dapat menambahkannya ke berbagai hidangan. Buat sandwich dan panini dengan potongan kedelai sebagai isian camilan sehat.

T. Apakah potongan kedelai menyebabkan penambahan berat badan?

A. Tidak, potongan kedelai memiliki kandungan lemak yang sangat rendah. Potongan kedelai dapat membantu menurunkan berat badan. Makanan berserat tinggi cenderung membuat Anda kenyang lebih lama. Oleh karena itu, potongan kedelai tidak memiliki sifat menggemukkan secara inheren. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah besar, mereka dapat melebihi asupan kalori harian Anda. Ketika praktik ini berlanjut untuk waktu yang lama, itu dapat menyebabkan penambahan berat badan.

itulah sedikit informasi mengenai kedelai yang biasanya mudah di dapatkan.

Previous
Next Post »