Kamis, 08 April 2021

Mengapa Anda Harus Memasukkan Makanan Kaya Seng dalam Diet Anda?

Mengapa Anda Harus Memasukkan Makanan Kaya Seng dalam Diet Anda?

Baru-baru ini, karena pandemi COVID-19, orang mencari cara alami untuk meningkatkan kekebalan mereka. Tentu saja, ketika kita berbicara tentang kekebalan, Vitamin C adalah hal pertama yang muncul di benak kita. Namun, sangat sedikit yang tahu bahwa makanan kaya seng sama pentingnya untuk kekebalan kita dan memainkan peran penting dalam menjaga kita tetap sehat.

Seng adalah trace mineral, yang berarti bahwa tubuh kita membutuhkannya dalam jumlah kecil. Seng diperlukan untuk aktivitas lebih dari 300 enzim, sintesis protein, penyembuhan luka, pertumbuhan sel, dan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Sayangnya, tubuh kita tidak dapat mensintesis seng, dan kita perlu mengonsumsi makanan kaya seng secara teratur dalam jumlah kecil untuk pertumbuhan dan fungsi yang tepat.

Kekurangan seng lazim dan menyebabkan sistem kekebalan yang lemah. Oleh karena itu, penting untuk mengkonsumsi makanan kaya seng untuk memasok tubuh kita dengan mineral seng yang cukup. Makanan kaya seng sudah tersedia, dan ada berbagai pilihan untuk vegetarian dan non-vegetarian. Konsumsilah makanan kaya seng setidaknya dua hingga tiga kali sehari untuk mencapai kadar seng yang optimal dalam tubuh Anda.



Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang makanan kaya seng dan manfaatnya:

Dosis Seng Harian yang Direkomendasikan

  • Wanita – Menurut NIH, tunjangan konsumsi harian seng untuk wanita adalah 8 mg.
  • Wanita Hamil – Wanita hamil membutuhkan lebih banyak seng untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang tepat. Oleh karena itu, dosis harian zinc yang direkomendasikan untuk ibu hamil adalah 11 mg.
  • Wanita Menyusui – Untuk wanita menyusui, itu adalah 12 mg.
  • Pria – Tunjangan harian seng untuk pria adalah 11 mg.

Manfaat Kesehatan dari Makan Makanan Kaya Seng

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seng mengaktifkan sel-T dalam tubuh kita yang penting untuk fungsi kekebalan yang tepat. Jumlah seng yang tidak mencukupi dalam tubuh dapat melemahkan sel-sel kekebalan ini. Akibatnya, orang yang kekurangan seng menderita kekebalan rendah dan lebih rentan jatuh sakit, infeksi berulang, kondisi kulit, dan penyakit kronis lainnya.

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Seng mengaktifkan Vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata yang baik. Seng dapat mengurangi peradangan dan oksidasi dan meningkatkan penglihatan mata. Makanan kaya seng dapat secara signifikan meningkatkan kesehatan mata Anda secara keseluruhan.

3. Mempromosikan Penyembuhan Luka

Jumlah zinc yang cukup dalam tubuh membantu mempercepat proses penyembuhan. Misalnya, membantu mengobati infeksi dan menyembuhkan kulit yang terluka. Sebaliknya, kadar seng yang rendah dalam tubuh menyebabkan keterlambatan penyembuhan luka.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Seng memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengobati berbagai kondisi kulit, seperti jerawat dan infeksi kulit. Makan makanan kaya seng setiap hari untuk menghilangkan jerawat secara alami.

5. Meningkatkan Pertumbuhan dan Perbaikan Otot

Seng meningkatkan pertumbuhan sel dan menjaga kesehatan otot. Ini juga membantu melepaskan hormon pertumbuhan, testosteron, dan mendorong pembentukan massa otot dan mempercepat perbaikan otot.

7. Membantu Penyerapan Nutrisi

Seng membantu dalam sintesis protein. Ini juga membantu memecah karbohidrat dari makanan dan melepaskan energi. Orang dengan tingkat energi dan kelelahan yang rendah biasanya memiliki kadar seng yang rendah dalam tubuhnya.

Makanan kaya seng untuk Anda sertakan dalam diet Anda

Berikut adalah beberapa sumber seng terkaya untuk vegetarian dan non-vegetarian.

1. Domba

100 g Domba mengandung 4,8 g seng. Ini adalah sumber seng terbaik untuk orang non-vegetarian. Selain seng, daging domba juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti Vitamin B12, selenium, zat besi, fosfor, protein, dan niasin.

2. Biji Labu

1 cangkir biji labu mengandung 6,6 mg seng. Mereka adalah sumber serat dan protein nabati yang bagus. Makan satu atau dua sdt biji labu setiap hari untuk memenuhi kebutuhan seng harian Anda.

3. buncis

1 cangkir buncis mengandung 2,5 mg seng. Jika Anda seorang vegetarian, maka buncis adalah sumber seng terbaik untuk Anda. Mereka juga tinggi serat dan protein.

4. Lentil

1 cangkir lentil mengandung 2,5 mg seng. Lentil juga kaya akan polifenol dan zat gizi mikro. Mereka juga merupakan sumber protein nabati yang sangat baik.

5. Biji Rami

2 sendok makan biji rami mengandung 5 mg seng. Biji rami adalah sumber asam lemak omega-3 dan omega-6 yang sangat baik bersama dengan seng. Mereka juga baik untuk kesehatan jantung Anda.

6. Ayam

100 gram daging ayam mengandung 1 mg zinc. Non-vegetarian dapat memilih dari berbagai macam makanan kaya seng. Ayam tidak hanya tinggi seng tetapi juga merupakan sumber vitamin B6, vitamin B12, dan protein tanpa lemak yang baik.

7. Tiram

100 g Tiram mengandung 16 g Seng. Tiram memiliki jumlah seng tertinggi. Jika Anda ingin meningkatkan kadar seng Anda, maka Anda harus memasukkan tiram ke dalam makanan Anda.

8. Kacang mete

2 sdm kacang mete mengandung 1,6 mg seng. Kacang mete sangat bagus untuk dikunyah dan memenuhi kebutuhan harian Anda akan seng. Selain seng, kacang mete kaya akan vitamin A, vitamin K, tembaga, folat, protein, dan lemak tak jenuh yang sehat.

9. Yoghurt

1 cangkir yoghurt mengandung 1,4 mg seng. Yoghurt adalah makanan probiotik yang mempromosikan kebaikanbakteri untuk usus yang sehat. Ini adalah sumber seng yang baik dan mendukung pencernaan yang sehat, meningkatkan kekebalan, meningkatkan kesehatan usus dan kesehatan jantung.

10. Jamur

1 cangkir jamur mengandung 1,4 mg seng. Jamur adalah sumber seng vegetarian yang sangat baik. Selain itu, mereka memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu meningkatkan kekebalan.

11. Bayam

1 cangkir bayam mengandung 1,4 mg seng. Bayam adalah makanan super dan sumber seng yang sangat baik. Ini juga membantu mencegah penyakit jantung, obesitas, diabetes, dan infeksi ringan lainnya.

12. Keju Ricotta

1 cangkir keju ricotta mengandung 1,4 mg seng. Ini termasuk sejumlah besar asam lemak dan zat gizi mikro bersama dengan seng. Ricotta adalah keju segar dan pilihan keju paling sehat untuk setiap pecinta keju.

13. Alpukat

1 buah alpukat mengandung 1,3 mg zinc. Alpukat adalah makanan tersehat yang pernah ada. Ini penuh dengan nutrisi penting seperti seng.

14. Almond

2 sendok makan almond mengandung 0,9 mg seng. Miliki segenggam almond untuk dosis seng harian Anda. Almond penuh dengan nutrisi dan bagus untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

Tanda-tanda Kekurangan Seng

Orang dengan gangguan pencernaan tidak menyerap seng dengan baik, menyebabkan kekurangan seng dalam tubuh mereka. Beberapa tanda kekurangan seng adalah:

  • Nafsu makan buruk
  • Diare
  • Kehilangan rasa atau bau
  • Rambut rontok
  • Suasana hati yang tertekan
  • Penyembuhan luka yang tertunda
  • Imunitas menurun
  • Infeksi kulit
  • Pertumbuhan terhambat
  • Kehilangan libido
  • Penurunan berat badan
  • Kelesuan mental dan fisik
  • Suplemen Seng

Seperti setiap nutrisi lainnya, seng juga tersedia sebagai suplemen dalam bentuk pil dan tablet. Berbagai makanan kaya seng dapat memenuhi kebutuhan seng harian Anda dengan cepat. Jika menurut Anda diet Anda kekurangan jumlah zinc yang dibutuhkan, maka Anda bisa mengonsumsi suplemen zinc. Namun, jangan mengonsumsi seng atau suplemen lainnya tanpa berkonsultasi dengan ahli kesehatan.

Jika Anda mengonsumsi suplemen seng secara berlebihan tanpa bimbingan, hal itu dapat mengganggu penyerapan zat besi dan tembaga dalam tubuh Anda. Asupan seng yang tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk muntah dan mual. Kunjungi dokter untuk mendapatkan Anda diuji untuk kekurangan seng.

Kesimpulan

Seng adalah mineral penting yang penting untuk menjaga kesehatan yang tepat. Oleh karena itu, sangat penting untuk memasukkan makanan kaya seng dalam diet Anda untuk mempertahankan kadar seng yang sesuai dalam tubuh. Sangat mudah bagi non-vegetarian untuk memenuhi kebutuhan seng mereka karena produk hewani mengandung seng dalam jumlah tinggi. Namun, jika Anda seorang vegetarian atau vegan, tingkatkan asupan makanan kaya seng untuk menghindari risiko kekurangan seng.

Wanita hamil dan menyusui harus secara khusus memasukkan banyak makanan kaya seng dalam makanan mereka untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang tepat. Jika Anda merasa diet Anda kekurangan makanan kaya seng, Anda bisa mengonsumsi suplemen tetapi hanya di bawah bimbingan dokter. Terlalu banyak hal berbahaya, jadi pastikan Anda makan makanan seimbang yang kaya nutrisi penting dan yang tidak mengandung apa pun yang berlebihan atau kekurangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar