Rabu, 31 Maret 2021

Telur: Fakta Gizi, Manfaat, Tips Untuk Diet

Telur: Fakta Gizi, Manfaat, Tips Untuk Diet

Telur terus-menerus menjadi bagian dari makanan kita selama berabad-abad, dan mereka dikenal sebagai makanan super asli dari alam. Namun, baru sekarang kita mempelajari sepenuhnya nilai gizinya. Dengan evolusi ilmu pengetahuan dan minat kami pada perawatan kesehatan, kami sekarang menemukan betapa bermanfaatnya mereka dalam mempromosikan manfaat kesehatan yang langgeng. Telur mengandung 13 vitamin dan mineral penting, yang merupakan bagian integral dari diet sehat. Mereka juga merupakan salah satu sumber protein alami terbaik dan membantu kita menjadi yang terbaik setiap hari.

Popularitas telur adalah bahwa seluruh bagian masyarakat India secara informal disebut 'eggertarians'. Mereka terutama vegetarian yang juga mengkonsumsi telur. Fleksibilitas yang bisa dibawa oleh telur ke meja sangat menakjubkan. Baik itu orak-arik atau telur mata sapi, kebanyakan orang suka telur mereka dengan cara tertentu. Telur membawa manfaat yang sangat besar.



Artikel ini akan menjelaskan beberapa manfaat dari mengkonsumsi telur dan manfaat nutrisi dari telur.

Nilai Gizi Telur:

100 gram (kira-kira dua butir telur ayam rebus besar);

  • Kalori: 155 kkal
  • Protein: 12,6 g
  • Karbohidrat: 1,12 g
  • Lemak: 10,6 g
  • Kolin: 294 mg
  • Vitamin D: 87 IU
  • Kolesterol: 373 mg

Fakta Gizi Telur:

  • Satu telur besar hanya memiliki sekitar 77 kalori. Ini adalah jumlah yang relatif kecil jika Anda mempertimbangkan profil nutrisi yang mengesankan.
  • Telur mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, mereka adalah sumber protein tanpa lemak alami yang sempurna dengan sekitar 6 gram protein per telur.
  • Putih telur dan kuning telur sama-sama kaya nutrisi. Namun, meski putih telur memiliki porsi protein yang signifikan, kuning telur mengandung nutrisi lainnya.
  • Telur adalah salah satu dari sedikit makanan yang dapat mengisi tubuh dengan vitamin D.
  • 100 gram telur mengandung 60% dari nilai kolin yang direkomendasikan setiap hari.
  • Demikian pula, mereka kaya akan vitamin B. Jumlah vitamin B12 dan riboflavin merupakan 46% dan 42% dari nilai harian yang direkomendasikan. Asam pantotenat (B5) menyusun 28 persennya.
  • Telur juga mengandung sejumlah besar vitamin A (19% DV) dan vitamin E (7% DV).
  • Profil mineral telur merupakan campuran yang baik dari fosfor, seng, besi, natrium, magnesium dan kalium.
  • Telur mudah didapat dan terjangkau. Tapi telur yang sederhana adalah sumber nutrisi.

Telur dan Kolesterol

Ada perdebatan yang sedang berlangsung tentang telur. Bisakah konsumsi teratur menyebabkan kolesterol tinggi?

Tidak mengherankan jika kolesterol darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi. Jadi wajar saja, orang mulai menghindari telur. Tapi ini terbukti salah. Untuk memahami mengapa Anda perlu menghilangkan kolesterol terlebih dahulu. Beberapa kolesterol diperlukan tubuh untuk membuat hormon, asam empedu dan vitamin D. Oleh karena itu, tubuh memproduksi kolesterol hati. Di luar itu, makanan yang kita konsumsi berkontribusi terhadap kolesterol darah.

Tubuh berfungsi dengan cerdas dan mengkompensasi ketika satu kolesterol menjadi lebih tinggi atau lebih rendah, dengan demikian mengaturnya. Oleh karena itu, makan telur sangat sedikit atau tidak berpengaruh pada kadar kolesterol darah. Orang yang sehat dapat menikmati hingga 7 butir telur seminggu tanpa risiko. Seseorang perlu mengurangi konsumsi lemak jenuh terutama sisi, ke telur seperti bacon, ham dan sosis untuk mencegah lonjakan kadar kolesterol.

Manfaat Kesehatan dari Memasukkan Telur ke dalam Diet Anda

1. Ini adalah sumber protein yang sangat baik

Protein tidak dapat disangkal merupakan komponen diet yang paling penting. Makan telur sehari untuk membantu mencapai asupan protein yang optimal.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung

Ya, kolesterol dalam telur dapat menurunkan penyakit jantung. Pasalnya, penelitian membuktikan bahwa telur meningkatkan HDL atau kolesterol baik dalam tubuh. Jumlah HDL yang lebih tinggi berarti kemungkinan stroke dan penyakit lain yang lebih rendah.

3. Menyediakan kolin untuk tubuh

Meskipun kolin adalah nutrisi yang diremehkan dan tidak banyak dibahas, kita membutuhkannya untuk perkembangan otak, kesehatan prenatal, dan fungsi saraf. Tubuh tidak menghasilkan jumlah yang cukup dengan sendirinya. Untungnya, telur adalah sumber kolin yang sangat baik. Hanya dua telur dapat menghasilkan lebih dari setengah dari nilai harian yang direkomendasikan.

4. Meningkatkan kesehatan mata

Telur mengandung lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan kuat yang mengendap di retina. Mereka cenderung melawan efek penuaan mata. Risiko katarak dan degenerasi makula berkurang secara signifikan. Kuning telur mengandung sebagian besar antioksidan ini.

5. Membantu menurunkan berat badan

Karena telur padat protein, telur dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Selain itu, dalam hal rasa kenyang, telur adalah salah satu makanan peringkat teratas. Oleh karena itu, makan telur secara konsisten pada akhirnya akan mengarah pada konsumsi kalori yang lebih rendah secara keseluruhan, sehingga membantu penurunan berat badan.

6. Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

Fosfor dalam telur sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, telur adalah salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D. Vitamin ini lebih meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh.

7. Mengandung lemak sehat

kuning telur mengandung lemak sehat dan beberapa nutrisi yang larut dalam lemak. Oleh karena itu, Anda dapat dengan aman makan satu kuning telur sehari untuk memastikan semua nutrisi diserap dalam tubuh.

Tips yang Harus Diingat Saat Mengkonsumsi Telur

Cara terbaik untuk menambahkan telur ke dalam makanan Anda adalah dengan merebus atau merebusnya. Telur rebus adalah pilihan paling sehat. Tambahkan sedikit garam dan merica, dan Anda mendapatkan hidangan bergizi. Saat membuat telur orak-arik, minimalkan jumlah garam dan mentega yang digunakan. Mengganti mentega dengan ghee dapat meningkatkan nilai gizi.

Meski telur goreng enak untuk dimakan, namun bisa meningkatkan lemak hingga 50 persen.

Hindari makan telur mentah atau hidangan yang mengandung telur mentah. Telur mentah membawa risiko infeksi salmonella. Ini lebih sering terjadi pada anak-anak, wanita hamil dan orang tua.

Ada kemungkinan besar bahwa kulit telur mengandung bakteri. Oleh karena itu, ingatlah untuk menjaga kebersihan saat menangani telur. Juga, jangan mengkonsumsi telur dengan cangkang yang pecah karena dapat terinfeksi.

Untuk varietas yang lebih sehat, cari telur yang mengandung omega3. Anda mendapatkannya dari ayam yang dibesarkan dengan pakan khusus yang meningkatkan kualitas telur ini. Namun, harga mereka mungkin jauh lebih tinggi daripada varietas biasa.

Pastikan untuk mengikuti tanggal terbaik sebelum yang tertera pada kemasan. Karena kulit telur keropos, selalu simpan dalam karton untuk menghindari menyerap bau yang tidak perlu.

Untuk memeriksa apakah telur sudah busuk, cukup isi mangkuk dengan air keran dingin dan masukkan telur Anda ke dalamnya. Jika mereka tenggelam ke dasar dan berbaring di satu sisi, mereka segar dan enak untuk dimakan. Telur yang buruk akan mengapung karena sel udara besar yang terbentuk di dasarnya.


T. Apakah putih telur atau telur utuh lebih baik untuk menurunkan berat badan?

A. Putih telur kaya akan protein dan rendah kolesterol. Oleh karena itu, putih telur lebih baik dalam beberapa hal bagi mereka yang perlu memperhatikan pola makan mereka. Tapi kuning telur mengandung beberapa vitamin esensial, mineral dan lemak sehat yang diperlukan untuk tubuh. Jadi, untuk diet nutrisi lengkap, makanlah telur utuh. Namun, jika Anda memiliki risiko tinggi kolesterol atau penyakit jantung, pilih putih telur saja.

T. Apakah telur aman dikonsumsi selama kehamilan?

A. Ya, telur sepenuhnya aman dikonsumsi saat hamil. Tapi, yang paling penting, pastikan Anda makan telur yang dimasak sepenuhnya. Hindari hidangan yang mengandung telur mentah atau setengah matang di dalamnya. Pasalnya, ibu hamil lebih rentan terkena infeksi salmonella. Tapi, terlepas dari itu, telur memang menjadi pilihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kehamilan.

T. Apakah telur coklat lebih sehat daripada telur putih?

A. Telur coklat dan putih memiliki nutrisi yang sama, dan manfaat kesehatannya tidak tergantung pada warna cangkangnya. Faktor lain, seperti pola makan ayam, dapat mempengaruhi nutrisi telur. Beberapa produsen memperkaya makanan ayam mereka dengan vitamin, omega-3, dan nutrisi lainnya, yang dapat menghasilkan telur yang lebih kaya nutrisi. Kondisi budidaya dan metode produksi dapat mempengaruhi warna kulit telur secara keseluruhan. Orang mungkin ingin memilih telur dari ayam yang kurang stres dan lebih bebas berkeliaran.

T. Apakah Anda perlu mendinginkan telur?

A. Di India, kebanyakan kita tidak mensterilkan telur. Juga, risiko infeksi salmonella jauh lebih rendah karena ayam kebanyakan tidak dibuahi. Jadi, tidak perlu menyimpan telur di lemari es jika Anda mengonsumsinya dalam waktu seminggu. Namun, untuk meningkatkan umur simpan telur, yang terbaik adalah menyimpannya di lemari es.

T. Apakah telur dengan bercak darah aman untuk dimakan?

A. Ya, telur yang dimasak dengan benar dengan bercak darah tidak berbahaya. Ovarium ayam mengandung banyak pembuluh darah kecil. Terkadang, mereka pecah dan menempel pada kuning telur. Meskipun jarang, ada kemungkinan untuk menemukan telur dengan bercak darah sesekali. Untuk menghindari keraguan, Anda bisa membuang bagian yang mengandung darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar